Cara Menghilangkan Tanda Silang Pada Baterai Laptop Windows 10

Apakah laptop Anda sedang mengalami masalah dan ingin mencari cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop Windows 10? Pasalnya tanda silang yang ada pada baterai laptop membuat pemakaian laptop jadi mengganjal dan tidak enak dilihat. Jika tidak diatasi dengan baik, kemungkinan bisa bermasalah pada kinerja laptop.

Penyebab Adanya Tanda Silang pada Baterai Laptop Windows 10

Namun sebelum mengetahui cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop Windows 10, alangkah baiknya Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, yaitu:

● Laptop Sudah Tua

Laptop yang sudah tua umur 3 sampai 5 tahun biasanya sudah mengalami penurunan kinerja, seperti laptop terasa berat, mulai lambat dan bisa terjadi error di sana-sini. Apalagi jika laptop sering digunakan untuk bekerja atau belajar, tentu kemungkinan penurunan kinerja sangat memungkinkan. Jika tidak segera diservis, maka akan menghambat pekerjaan dan aktivitas Anda dalam menggunakan laptop.

● Baterai Memasuki Masa Uzur

Penyebab masalah pada laptop baterai yaitu karena baterai sudah memasuki masa uzur sehingga tidak sekuat baru pertama kali. Hal ini biasanya ditandai dengan adanya tanda silang di icon baterai dengan notifikasi consider replacing battery.

Permasalahan pada baterai laptop ini bisa terjadi di jenis Windows apa saja, termasuk Windows 10. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop Windows 10.

●  Cara Menghilangkan Tanda Silang pada Baterai

Diketahui kasus baterai silang biasanya terjadi pada sistem operasi Windows 7, di mana hal ini memang termasuk ke dalam fitur Windows 7 guna menunjukkan jika baterai dalam laptop tersebut sudah tidak layak atau mesti diganti yang baru. Meski begitu, sistem operasi Windows XP, Windows 8, serta Windows 10 tetap bisa saja terjadi namun cukup jarang.

Jika sudah ditemukan permasalahan baterai silang, maka harus segera diatasi atau kalau perlu diganti dengan yang baru. Jika baterai laptop Anda sudah menampilkan tanda silang (X), maka hal tersebut menjadi tanda adanya kerusakan pada laptop. Hal ini juga menunjukkan bahwa sistem Windows tidak dapat mengenal jelas kerja pada baterai kita.

Adapun berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi baterai laptop silang merah pada laptop, yaitu:

  • Charge baterai hingga penuh
  • Restart laptop Anda terlebih dahulu lalu masukkan ke safe mode dengan menekan F8, anda bisa menekannya berulang-ulang. Namun sembari menekan, usahakan jangan di cabut charger baterai nya lebih dahulu dan biarkan.
  • Setelah masuk ke Safe Mode, Anda bisa mencabut baterai. Setelah itu diamkan saja apa adanya, jangan diganggu atau digunakan terlebih dahulu.
  • Anda bisa menunggu laptop nggak mati karena baterai habis. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 60 menit untuk menghabiskan baterai. Pada saat ini sistem Windows akan reset ulang untuk mengetahui waktu tahan baterai.
  • Setelah Laptop mati kembali, Anda bisa mencharger laptop dan menghidupkan laptop. Umumnya cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop Windows 10 ini bisa berjalan baik, laptop akan bekerja kembali, tanda silang yang ada pada baterai sudah hilang serta tampilannya pun kembali normal.

Itulah beberapa cara menghilangkan tanda silang pada baterai laptop Windows dan Windows lainnya yang bisa anda lakukan. Jika memang sudah parah, Anda bisa memperbarui baterai saja.

Leave a Comment