Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

4 Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Posted on

Cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus – Virus adalah salah satu ancaman yang sering kita temukan pada perangkat semacam smartphone maupun komputer. Salah satu virus yang cukup berbahaya adalah malware atau malicious software. Virus jenis ini dirancang untuk menyusup dan merusak perangkat. Jika virus ini masuk pada perangkat, biasanya sistem operasi akan terganggu dan kemungkinan hacker untuk mengakses informasi pribadi pengguna menjadi lebih besar.

Oleh karena itu, perlindungan perangkat dari virus ini perlu dilakukan. Terutama dengan cara menghapus malware yang tidak bisa dihapus. Seiring dengan perkembangan teknologi, menghapus malware yang tidak bisa dihapus adalah perkara yang mudah. Berikut adalah cara-cara menghapus malware di Android yang tidak bisa dihapus.

1. Memasang Anti Malware Terbaik Android

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi anti malware terbaik pada perangkat android Anda. Beberapa aplikasi anti virus biasanya memiliki kemampuan untuk menghapus virus-virus berbahaya seperti, malware, trojan, ataupun spyware. Dalam memilih anti virus, ada baiknya Anda memilih anti virus yang bebas dari iklan. Hal tersebut untuk menghindari datangnya virus lain dari iklan pada aplikasi. Untuk lebih aman, Anda dapat juga mamasang anti virus berbayar. Namun, memasang anti virus sendiri sebenarnya tidak cukup untuk menghadapi virus berabahay seperti malware. Akan tetapi, memasang anti virus adalah cara paling mudah untuk menghindari virus malware.

2. Menuju Safe Mode

Langkah selanjutnya adalah dengan cara bersihkan malware di android. Cara ini dapat dilakukan dengan masuk ke safe mode. Caranya, tekan tombol Power pada android. Kemudian tekan dan juga tahan tulisan Power off  secara bersamaan. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan pada layar. Pilih Reboot to safe mode dan klik OK.

Baca juga : Mudah Banget! Cara Memindah File dari HP ke Flashdisk Tanpa Ribet

Setelah proses tersebut selesai, cek file-file yang terinfeksi virus. Agar aplikasi dapat di uninstall atau dihapus, nonaktifkan fungsi administrasi pada aplikasi tersebut. Setelah aplikasi terinfeksi terhapus, kembali pada menu utama dan pilih Security. Kemudian pilih Device Administrator dan ceklist kotak yang berada di sampingnya. Jika seluruh proses sudah dijalankan, maka selanjutnya reboot perangkat android. Setelah di-reboot, maka perangkat akan bekerja seperti biasa.

3. Melakukan Hard Reset

Cara mudah lainnya untuk mengatasi malware adalah dengan melakukan hard reset. Cara ini dapat dilakukan dengan cara mencabut atau melepas baterai pada ponsel dan memasangnya kembali. Pada smartphone dengan baterai tanam, hard reset dapat dilakukan dengan safe mode.

4. Mengecek Aplikasi Terakhir yang Diinstal

Langkah terakhir adalah dengan cara mendeteksi malware di android. Jika Anda mengalami gangguan sistem setelah Anda menginstall sebuah aplikasi, padahal sebelumnya tidak pernah, maka hal tersebut patut dicurigai. Bisa jadi, virus tersebut muncul dari aplikasi yang terkahir kali Anda install. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menghapus atau uninstall aplikasi tersebut. Jika Anda kesulitan menentukan aplikasi mana yang terakhir kali dipasang, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi Addons Detector. Aplikasi ini akan membantu Anda menunjukkan urutan pemasangan aplikasi berdasarkan tanggalnya.

Demikianlah empat cara menghapus malware di android yang tidak bisa dihapus. Cara-cara di atas adalah cara paling efektif dan mudah untuk mengatasi malware. Akan tetapi, untuk pencegahan, sebaiknya hindari aplikasi ilegal dan gunakan aplikasi yang resmi agar ponsel aman dari berbagai jenis virus.

Avatar
Biasa disapa Bang Joehan, adalah Seorang Internet Marketer yang lahir, tumbuh dan besar di Wangka-Riung, NTT. Dominsili di Jakarta. Keperluan bisnis SEO dan SEM bisa hubungi: webservice1953@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *