3 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Mudah

Cara mengembalikan file yang terhapus di android – Smartphone saat ini menjadi salah satu teknologi yang wajib dimiliki oleh semua orang. Tidak hanya sebagai sara berkomunikasi, smartphone juga banyak digunakan untuk keperluan lainnya seperti bermain game, bermedia sosial, menonton video, foto, dan lain sebagainya. Akibatnya, lama-kelamaan memori dari smartphone akan semakin penuh dengan banyaknya file. Jika sudah demikian, terpaksa beberapa di antaranya harus dihapus.

Saat proses penghapusan ini, kerap kali beberapa file yang sebenarnya tidak ingin dihapus justru tidak sengaja terhapus. Atau bisa jadi, setelah sekian lama, kita menginginkan beberapa file yang sempat terhapus karena suatu keperluan. Dengan perkembangan teknologi saat ini, mengembalikan file di android yang telah terhapus bukanlah hal yang sulit. Berikut adalah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di android.

1. Menggunakan Fitur Trash

Langkah pertama adalah dengan menggunakan fitur Trash. Apabila jenis file yang ingin dikembalikan berupa foto dan video langkah ini dapat Anda lakukan. Pada galeri smartphone android, bianya dilengkapi dengan fitur Trash. Fitur ini digunakan untuk menyimpan sementara file berupa foto maupun video yang baru saja dihapus dari galeri. Fitur ini juga dapat Anda temukan pada aplikasi Google Photos. Caranya pun cukup mudah, masuk ke fitur Trash, kemudian pilih file mana saja yang ingin dikembalikan. Setelah terpilih, kemudian klik Recovery pada smartphone Anda. Namun, file yang tersimpan pada Trash biasanya adalah file yang baru saja di hapus atau dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, jika file sudah terhapus cukup lama, fitur ini tidak dapat Anda gunakan.

2. Menggunakan aplikasi Disk Digger

Langkah kedua ini adalah cara mengembalikan foto yang terhapus di memori internal android. Untuk megembalikan foto yang terhapus dari memori internal, Anda dapat menggunakan aplikasi Disk Digger. Disk Digger sendiri dapat Anda unduh melalui PlayStore. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengembalikan foto yang telah terhapus, baik di memori internal maupun eksternal. Tidak hanya foto, DiskDigger juga dapat mengembalikan file berupa video yang terhapus. Cara mengembalikan file video yang terhapus di android dengan menggunakan DiskDigger adalah dengan me-root smartphone Anda terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti arahan yang diberikan oleh DiskDigger.

3. Menggunakan software Recuva

Cara ketiga untuk mengembalikan file yang terhapus di android adalah dengan menggunakan software Recuva. Untuk mengembalikan file menggunakan Recuva, Anda memerlukan bantuan perangkat komputer atau laptop. Caranya pun mudah, unduh Recuva pada komputer, kemudian sambungkan smartphone dengan komputer menggunakan kabel USB. Jalankan aplikasi Recuva, kemudian pilih file yang ingin dikembalikan. Setelah file terpilih, klik Recovery. Selesai. File yang Anda inginkan akan didapatkan kembali. Recuva sendiri dapat menemukan file yang terhapus dari memori internal maupun eksternal.

Itulah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di android yang dapat Anda lakukan. Meskipun file dapat kembali, ukuran serta kualitas dari file bisa saja berubah dan tidak sama lagi. Hal tersebut biasanya terjadi pada file berupa foto atau video. Pada foto atau video, biasanya kualitasnya akan cenderung turun. Namun, hal tersebut tentunya bukan lagi masalah, karena saat ini banyak aplikasi edit foto atau video yang dapat menambah ketajaman. Selain itu, file yang tersimpan pada memori internal biasanya memiliki peluang lebih tinggi untuk dapat dikembalikan, dibandingkan dengan file yang tersimpan pada menu eksternal.

Baca juga cara mengembalikan foto yang terhapus di memori internal android.

Leave a Comment