6 Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Laptop Windows 10

Anda hendak menyambungkan kabel USB ke laptop namun malah mendapatkan peringatan “USB Device Not Recognized”? Peringatan tersebut artinya USB yang disambungkan tidak dikenali oleh laptop, maka dari itu Anda harus mencari cara mengatasi USB device not recognized di laptop windows 10 agar USB bisa terbaca.

USB yang tidak dikenali laptop bisa disebabkan karena banyak hal, diantaranya seperti ada sistem yang corrupt, pemasangan yang kurang benar dan yang lain.

Oleh karena itu di bawah ini kita akan bahas satu persatu cara mengatasi the last USB device you connected to this computer malfunctioned atau USB yang tidak dikenali.

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized di Laptop Windows 10

Berikut terdapat 6 cara yang bisa coba Anda lakukan agar USB kembali normal.

1. Cabut dan Pasang Kembali USB

Ketika USB baru dipasang namun tidak terbaca, cara yang pertama kali dilakukan adalah cabut USB tersebut dan coba pasang kembali. Siapa tahu, pada pemasangan sebelumnya ada yang belum benar dan tidak pas pada port nya.

2. Coba Pasang di Port Lain

Alternatif selain mencabut dan memasang kembali di port yang sama yaitu memasangnya di port yang berbeda. Di setiap laptop biasanya memiliki lebih dari 1 port USB.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba memasangnya di port lain. Tidak menutup kemungkinan jika memang port USB yang satunya sedang error.

3. Cek Kondisi USB

Setelah mencoba mengganti port namun hasilnya tetap nihil, mungkin yang salah bukan di bagian port, melainkan di USB itu sendiri. Kabel USB atau flashdisk tentu bisa mengalami rusak dan bermasalah.

Misalnya seperti terkena virus atau rusak dari segi fisiknya. Hal tersebut tentu akan membuat USB tidak dikenali. Untuk mengecek apakah USB Anda yang rusak, coba masukan USB lain ke port tersebut.

Jika berhasil maka yang rusak memang USB pertama Anda.

4. Update Device Driver USB

Berikutnya cara mengatasi USB device not recognized di laptop windows 10 yaitu lewat software yang terpasang.

Di laptop sendiri terdapat device driver USB yang dapat membantu ketika ada USB yang disambungkan. Nah, mungkin Anda perlu memperbarui driver ini, caranya sebagai berikut.

  • Klik Start dan tuliskan Device Manager.
  • Selanjutnya scroll ke bawah hingga menemukan Universal Serial Bus Controller.
  • Cari menu bernama Unknown Device dan klik Update Driver.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Setelah prosesnya selesai, Anda bisa coba sambungkan lagi USB tersebut ke laptop dan cek apakah hasilnya masih sama atau tidak.

5. Uninstall Hidden Devices

Pasti Anda tidak hanya pernah menyambungkan satu USB saja, tapi banyak. Nah USB yang sudah terinstall dan tidak digunakan kembali tentu akan menumpuk dan bisa mengakibatkan error.

Maka dari itu Anda bisa uninstall USB yang sudah tidak terpakai. Caranya mudah saja yaitu.

  • Buka Device Manager > View.
  • Klik Show Hidden Devices, setelah itu nanti muncul semua USB yang pernah terinstall.
  • Klik kanan pada USB yang Anda pilih dan klik

6. Matikan Power Management

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mematikan power management pada USB root hub. Cara ini bisa Anda lakukan jika memang port tersebut berfungsi dengan baik dan tidak ada kerusakan apapun.

  • Masuk ke Device Manager > pilih Universal Serial Bus Controllers > klik USB Root Hub.
  • Lalu pilih menu Power Management lalu hapus tanda checklist pada kolom Allow computer to turn off this device to save power dan selanjutnya klik

Jika sudah, Anda bisa restart laptop dan coba sambungkan kembali USB nya apakah sudah berhasil atau belum.

Nah, itulah kira – kira 6 cara mengatasi USB device not recognized di laptop windows 10 yang bisa Anda lakukan jika mendapatkan masalah USB tidak dikenali.

Anda bisa coba satu persatu cara di atas dan jangan lupa untuk perhatikan step by step nya, selamat mencoba.

Leave a Comment