cara flash sendiri HP Android tanpa PC

Cara Flash HP Android Sendiri tanpa PC Mudah dan Nggak Ribet

Posted on

Mengalami masalah pada software smartphone dan sedang mencari cara flash sendiri HP Android tanpa PC? Kehadiran smartphone kini memegang peranan penting dalam setiap kebutuhan dan aktivitas sehari-hari. Segala hal dapat dilakukan menggunakan smartphone.

Semakin sering dan lamanya pemakaian, tentu kondisi smartphone tak bisa selamanya dalam keadaan yang baik-baik saja. Ditambah lagi jika Anda melakukan kesalahan saat mengubah pengaturan hingga menyebabkan masalah pada ponsel.

Bisa juga karena ketidaktahuan dalam penggunaan dan perawatan smartphone Android. Sehingga wajar saja jika kinerja Android menjadi tidak maksimal dan gagal melakukan fungsi normalnya. Mau tidak mau, permasalahan ini hanya bisa diatasi dengan melakukan flash atau install ulang pada ponsel.

Baca juga: Cara Menghapus Malware di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Cara ini bisa mengembalikan smartphone Anda ke pengaturan awal seperti layaknya ponsel baru. Bukan hanya pengaturan, tapi ponsel juga akan mengembalikan fungsi smartphone seperti sebelum mengalami masalah.

Hanya saja, install ulang ini hanya berfungsi untuk mengatasi masalah di bagian sistem atau software. Nah, jika masalah ponsel memang dikarenakan kesalahan pada software-nya, lakukan flash dengan cara berikut.

Cara Flash Sendiri HP Android tanpa PC

Untuk mengatasi permasalahan ponsel pada bagian software, Anda bisa meng-install ulang melalui cara di bawah ini.

1. Siapkan Custom ROM

Anda perlu terlebih dulu menyiapkan file Custom ROM sesuai tipe smartphone yang akan di-install ulang. Lalu simpan file Custom ROM tersebut di memori SD dengan membuat folder baru. Folder ini akan memudahkan Anda dalam mencari file, karena telah disimpan khusus pada satu lokasi penyimpanan.

2. Masuk ke Recovery Mode

Setelah menyiapkan file custom ROM, matikan smartphone Android dan masuklah ke recovery mode. Namun perlu diperhatikan, yaitu untuk memastikan daya baterai dalam kondisi penuh sebelum mematikan ponsel.

Baca Juga:  Cara Menyambungkan CCTV ke HP Android Terbaru dengan Mudah

Selain itu, back up data pada ponsel untuk melindungi data-data agar aman dan tidak hilang. Ketika telah masuk ke recovery mode, nantinya fungsi layar ponsel tidak akan berfungsi. Untuk mengakses layar atau memilih opsi, gunakanlah tombol berikut.

  • Tombol volume up untuk menaikkan/ scroll atas
  • Tombol volume down untuk menurunkan/ scroll bawah
  • Tombol Power atau Home untuk Memilih atau melakukan Yes/Enter.

3. Wipe Data / Reset

Langkah flash smartphone selanjutnya yaitu melakukan wipe data atau reset, wipe cache partition dan juga wipe dalvik. Pilihlah opsi wipe data atau factory reset pada pengaturan ponsel. Fungsinya adalah untuk menghapus dan mengembalikan kondisi hp seperti semula atau setelan pabrik. Proses ini perlu ditunggu hingga selesai, kurang lebih sekitar 15 menitan.

4. Flash atau Install ROM

Langkah flash atau install ROM dapat dilakukan dengan meng-install ZIP yang ada di memori SD atau folder yang sudah Anda buat sebelumnya. Selanjutnya, ikutilah petunjuk yang tertera di layar ponsel.

5. Restart Smartphone

Cara flash sendiri HP Android tanpa PC yang terakhir, yaitu melakukan restart pada ponsel Android dan memilih opsi reboot system now. Anda bisa menekan tombol Power atau Home.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, berarti Anda telah selesai mengikuti panduan untuk memperbaiki software smartphone. Cara flash sendiri HP Android tanpa PC tersebut, tentu akan memudahkan Anda dalam perbaikan. Anda pun tak perlu ribet membawanya ke tempat reparasi ponsel jika install ulang berhasil.

Namun jika cara tersebut tidak berhasil, bisa jadi penyebabnya adalah tipe custom ROM yang tidak sesuai dengan tipe smartphone Anda. Itulah sebabnya sangat penting memastikan custom ROM yang diunduh tepat dan sesuai tipe ponsel. Semoga cara flash sendiri HP Android tanpa PC di atas bisa membantu kalian ya. Selamat mencoba.

Avatar
Biasa disapa Bang Joehan, adalah Seorang Internet Marketer yang lahir, tumbuh dan besar di Wangka-Riung, NTT. Dominsili di Jakarta. Keperluan bisnis SEO dan SEM bisa hubungi: webservice1953@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *